Blog

SEJARAH KARTU NAMA

Kemajuan teknologi saat ini memungkinkan data personal disimpan dalam komputer, namun salah satu atribut yang wajib dan tidak lepas dari dunia profesional hingga saat ini adalah kartu nama.

Dengan kartu nama kita dapat menyampaikan informasi personal, maupun interpersonal seputar perusahaan dan dunia kerja, kartu nama juga menjadi tolak ukur tingkat profesional seseorang, karena di kartu nama tertera logo perusahaan, nama pemilik kartu, alamat, nomor telepon, email atau medsos yang dimiliki oleh pemilik kartu, sehingga informasi ini menjadi at first sight bagi personality pemilik atau perusahaan.

Sejarah Kartu Nama

Kartu nama sendiri sudah mulai mengakar sejak abad ke -17, dimana kartu nama ini dibuat dan digunakan dalam berbagai hal yang bersifat informatif, dimana seseorang yang mengeluarkan kartu nama maka akan memberikan informasi  atau pemberitahuan bahwa bangsawan/pejabat akan berkunjung atau hanya melintas saja di wilayah penerima kartu nama tersebut.

Dengan kartu nama yang hanya sebesar kartu remi seolah menjadi lambang status sosial masyarakat, dan hampir seluruh masyarakat kalangan bangsawan memiliki kartu nama sendiri.

Seiring berjalannya waktu, kartu nama mengalami perkembangan fungsi, sekitar abad ke -19, kartu nama berubah menjadi social card, ketika ada pertemuan penting maka seseorang akan membawa kartu nama mereka, sementara pemilik rumah akan menyiapkan  wadah untuk meletakan kartu nama sebagai simbol penyambutan tamu, yang nantinya akan diperiksa oleh tuan rumah untuk diperiksa, dengan demikianlah tuan rumah mengetahui identitas tamu. Dan pada akhirnya kartu nama menjadi budaya yang lumrah bagi masyarakat di Eropa, bahkan menciptakan beberapa tren serta aturan yang tidak kalah penting, seperti :

1. Seseorang akan dicap tidak sopan jika melihat kartu nama tamu lain, saat sedang berkunjung

2. Kartu nama yang dilipat dibagian ujung menunjukan kunjungan yang bersifat pribadi, jika dilekuk dibagian tengah menunjukan kunjungan hanya untuk keperluan keluarga.

3. Simbol P/F berarti menandakan ucapan selamat, jika simbol P/C menandakan ucapan belasungkawa

Sementara kartu nama yang berfungsi sebagai social card digunakan untuk tujuan bisnis, kebiasaan ini berawal dari para pedagang di Inggris yang membagikan kartu namanya kepada para pelanggan.

Dan revolusi industripun membawa imbas pada perkembangan kartu nama hingga mengubah esensi pemberian kartu nama yang awalnya pada masa itu sebagai benda sakral yang dibagikan dalam acara formal dan sekarang pascarevolusi kartu nama justru sering dibagikan pada acara - acara nonformal, dan kebiasaan inipun akhirnya menyebar dan berlanjut hinga Amerika Serikat dan berbagai negara didunia.

Demikian sejarah kartu nama, kalo Anda membutuh jasa pembuatan kartu nama silahkan bisa mendapatkan informasi lebih lanjut melalui :

inkandpaper

www.inkandpaper.co.id

Griya Cinere Hijau, Blok G.15, Cinere Gandul, Depok

office: 021-21285023

WA : 0896-3594-8150

pic source: pinterest