Blog

COVID - 19

COVID -19


Hai Lovers,

Virus corona atau COVID-19 sedang hebat melanda tidak hanya saja menjadi wabah di Indonesia tapi juga merupakan wabah yang sudah mendunia, ini menyebabkan acara para lovers yang akan melangsungkan pernikahan , ulang tahun, aqiqah dan sebagainya menjadi terhambat, harap bersabar ya lovers karena bagaimanapun untuk stay at home adalah keputusan yang terbaik dalam situasi ini, para Lovers mari kita kenali bahaya virus corona bila kita meremehkan atau tidak waspada :

Penyakit yang disebabkan oleh virus corona memang tidak bisa dipandang sebelah mata, tapi bukan berarti kita harus panik ya lovers, berikut ini bahaya virus corona yang perlu dipahami dan langkah pencegahannya :


1. Covid - 19 dapat menimbulkan komplikasi penyakit bahkan dapat membawa kematian
Gangguan pada saluran pernapasan adalah komplikasi utama akibat Covid-19, seperti gagal pernapasan akut (acute respiratory failure), pneumonia (peradangan pada paru-paru), hingga acute respiratory distress syndrome (ARDS).
Infeksi virus corona juga menimbulkan komplikasi dan masalah pada organ lain, seperti kerusakan hati, kerusakan jantung, gagal ginjal akut, hingga infeksi sekunder (infeksi susulan oleh mikroorganisme lain, seperti bakteri)


2. Kelompok tertentu bisa lebih beresiko dalam mengalami Covid -19
Beberapa orang yang harus lebih waspada dalam menyikapi penyakit ini diantaranya orang berusia 65 tahun ke atas rentan untuk mengalami komplikasi dari Covid-19. Begitu pula pada orang dengan kondisi medis tertentu dari segala usia diantaranya:
1. Penderita penyakit paru kronis atau asma sedang hingga berat
2. Orang yang menderita masalah jantung serius
3. Orang dengan kondisi imun yang lemah, seperti pasien yang menjalani perawatan kanker.
4. orang yang merokok, orang yang menjalani transplantasi sumsum tulang atau transplatasi organ, defisiensi imun, orang yang positif HIV atau AIDS namun tidak terkontrol dengan baik, serta orang yang mengonsumsi obat kortikosteroid yang berkepanjangan
5. Orang dengan obesitas berat
6. Penderita diabetes
7. Orang dengan penyakit ginjal kronis dan menjalani prosedur cuci darah
8. Orang dengan gangguan hati


3. Penularan Virus Covid -19
Menurut Center for Disease Control and Prevention (CDC) Amerika Serikat, virus corona SARS-CoV-2 bisa menular melalui kontak dekat dengan orang yang terinfeksi. Apabila orang tersebut bersin atau batuk, droplet dari orang tersebut masuk ke tubuh individu di dekatnya dan menularkannya.
Dibandingkan epidemi SARS pada tahun 2002-2004 silam, Covid-19 telah jauh melampaui angka kasus positif maupun korban jiwa. SARS menulari sekitar 8000 orang. Sementara itu, Covid-19 menulari sekitar 1 juta orang per 3 April 2020.


4. Belum adanya obat yang disepakati untuk menangani virus Covid-19
Hingga saat ini belum adanya kesepakatan para ilmuawan dalam mengatasi virus Covid-19, dan saat ini masih dalam riset atau penelitian para ahli dibanyak negara.
Beberapa pihak telah mencoba obat malaria, obat flu, dan antivirus dalam menangani Covid-19. Namun, penting untuk diketahui bahwa belum ada obat Covid-19 yang diyakini aman dan tak menimbulkan kerugian bagi penderitanya.
Begitu pula dengan vaksin sebagai cara pencegahan penularan infeksi virus. Seperti obat, vaksin Covid-19 masih dalam tahap pengujian oleh para ahli. Cara terbaik untuk menghindari virus corona baru adalah dengan berdiam diri di rumah dan menjaga jarak dari orang lain.


5. Adanya silent Spreader artinya tidak bergejala namun bisa menularkan
Dan yang lebih berbahaya lagi lovers karena tak semua orang yang terkena virus Covid-19 ini menunjukan gejala dan ini sangat mengkhawatirkan karena individu tersebut tetap bisa menularkan virusnya ke orang lain inilah yang disebut sebagai silent spreader.
Nah lovers, dengan pengetahuan ini maka sebaiknya bersabar untuk mengadakan acara -acara pernikahan, ulang tahun atau acara apapun yang berhubungan dengan pengumpulan banyak orang demi keamanan dan kesehatan masing - masing, jadi beberapa yang cara yang bisa digunakan untuk pencegahan :
1. Berdiam diri di rumah. Apabila Anda memiliki kesempatan untuk bekerja dari rumah, manfaatkanlah kesempatan tersebut. Berdiam diri di rumah juga membantu pembatasan interaksi dengan orang lain yang diharuskan tetap bekerja di luar rumah.
2. Rajin mencuci tangan dengan baik dan benar
3. Memastikan tangan sudah bersih apabila ingin memegang wajah


Ok lovers dengan memanfaatkan kesempatan untuk berdiam di rumah, Anda telah berkontribusi untuk membatasi interaksi dan rantai penularan Covid-19.


Indonesia Bisaa, mari kita lawan Covid-19 Bersama...

stay at home, jika butuh jasa kami pada kondisi saat ini, bisa hubungi dari rumah saja ya lovers :

www.inkandpaper.co.id

Phone : 021 - 21275013

WA : 0896 - 3594 - 8150



sumber: Sehat-Q