Blog

PSBB

Hai Lovers,


Sebentar lagi bagi umat muslim akan datang bulan Ramadhan, kali ini umat muslim harus melewati ibadah hanya dirumah saja, akibat Covid-19 yang masih dalam proses penanganan, apalagi semakin ketatnya pemerintah dengan dikeluarkannya peraturan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) dari pemerintah. Istilah PSBB itu sendiri adalah istilah kekarantinaan kesehatan di Indonesia yang didefinisikan "Pembatasan kegiatan tertentu penduduk dalam suatu wilayah yang diduga terinfeksi penyakit dan/atau terkontaminasi sedemikian rupa untuk mencegah kemungkinan penyebaran penyakit atau kontaminasi."


Tujuan dari PSBB sendiri adalah untuk menekan atau mencegah meluasnya penyebaran penyakit kedaruratan kesehatan masyarakat (KKM) yang sedang terjadi antar orang disuatu wilayah tertentu, pembatasan - pembatasan ini dilakukan dengan melakukan beberapa hal diantaranya meliburkan kegiatan sekolah, kegiatan tempat bekerja, kegiatan keagamaan, dan pembatasan kegiatan ditempat atau fasilitas umum, dimana status PSBB ini ditetapkan oleh menteri kesehatan.


Dasar hukum pengaturan PSBB yaitu Undang-Undang (UU) Nomor 6 Tahun 2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan. Dalam UU tersebut dijelaskan bahwa ketentuan lebih lanjut mengenai kriteria dan pelaksanaan PSBB diatur dengan Peraturan Pemerintah (PP) sebagai peraturan turunan UU. Untuk menangani penyakit koronavirus 2019 yang telah menjadi pandemi, termasuk di Indonesia, pemerintah menerbitkan PP Nomor 21 Tahun 2020 tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar dalam Rangka Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (COVID-19). Selain itu, pemerintah juga menerbitkan Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) Nomor 9 Tahun 2020 sebagai pedoman untuk menjalankan PSBB.


Adapun pelanggaran PSBB ini Lovers, akan dikenakan hukuman berupa pidana penjara maksimal satu tahun dan denda Rp100 juta. Hal ini sesuai dengan ketentuan dalam Pasal 93 UU Nomor 6 Tahun 2018. Walaupun demikian, beberapa pihak menganggap hukuman ini berlebihan.


Nah Loovers ada baiknya kita ikuti peraturan pemerintah demi kesehatan dan keselamatan semua ya..walaupun banyak sekali imbas dari pandemi ini, banyak yang harus kehilangan pekerjaan bahkan banyak pengusaha yang gulung tikar, kita jangan berputus asa ya Lovers, Indonesia Bisaaaaa ..


Mari lawan Covid-19 Bersama, dan kami inkandpaper tetap melayani Anda dari rumah :


www.inkandpaper.co.id
Phone : 021 - 21275013
WA : 0896 - 3594 - 8150