Blog

10 Jenis Bahan Stiker yang Bagus dan Berkualitas

Saat ini sudah ada banyak jasa percetakan yang dapat Anda manfaatkan untuk membuat stiker. Stiker ini sendiri merupakan salah satu benda yang sangat dibutuhkan. Mulai dari untuk branding, label kemasan, edukasi, dan sebagainya. Sebelum mencetaknya, ketahui dahulu apa saja jenis bahan stiker berkualitas.

Rekomendasi Jenis Bahan Stiker Berkualitas

Saat ini stiker dapat Anda cetak dengan berbagai jenis bahan yang beragam. Tentu, tidak perlu ragu lagi mengenai kualitas dari bahan tersebut. Pasalnya, berbagai bahan tersebut tentu sudah banyak digunakan dalam industri percetakan. Sebagai rekomendasi, di bawah ini merupakan beberapa jenis stiker tersebut:

1. Scotchlite

Kertas stiker ini cocok bagi Anda yang ingin mendapatkan bahan dengan daya rekat tinggi. Stiker ini sendiri juga sudah sering digunakan untuk berbagai kebutuhan sehingga tidak usah ragu memilihnya. Bahan tersebut tidak mudah mengelupas sehingga tidak perlu khawatir terlepas jika sudah menempelkannya.

Tentu saja, hal tersebut membuat Anda perlu berhati-hati agar menempelkannya dengan posisi yang benar. Sifatnya sendiri terbilang cukup reflektif. Oleh karena itu, tidak heran apabila bahan yang satu ini dapat memberikan pantulan cahaya saat terkena sinar lampu. Tentu akan menambah kesan glossy.

2. Stiker Chromo

Merupakan salah satu bahan yang memiliki karakteristik licin. Bahan tersebut sudah sering digunakan sebagai kemasan makanan hingga media sarana promosi bisnis. Tentu saja, Anda dapat menjadikan pilihan kertas ini karena sangat bagus digunakan. Terlebih kualitasnya juga tidak perlu diragukan lagi.

Kertas ini sendiri dapat dicetak memakai mesin offset serta memiliki daya rekat yang bagus. Untuk membuat stiker dengan kertas ini sendiri hanya perlu mendesain di komputer kemudian diprint. Harga bahan ini juga terbilang cukup murah dengan kualitas bagus. Tentu tidak akan menguras kantong Anda.

Baca juga : Harga Neon Box Per Meter 2021

3. One Way

Oneway memiliki tampilan yang berlubang-lubang. Anda dapat menggunakannya sebagai bahan untuk membuat stiker dengan diameter sekitar 1 mm. Hal tersebut juga menjadi salah satu ciri khas dari stiker one way. Tentu saja bahan tersebut dapat digunakan untuk membuat stiker sesuai kebutuhan.

Akan tetapi, perlu Anda ketahui bahwa lubang-lubang tersebut hanya akan tembus pandang dari satu titik saja. Umumnya, bahan yang bernama one way ini dipasang pada kaca. Baik itu untuk penggunaan di luar maupun dalam ruangan. Dengan begitu, tentu sangat mudah untuk mengaplikasikannya sesuai keinginan.

4. Vinyl 3M

Anda dapat menggunakan bahan ini dengan cetakan full color. Bahan vinyl 3M sendiri dapat dicetak menggunakan printer indoor dengan mudah. Umumnya, bahan tersebut digunakan untuk keperluan stiker yang akan ditempel di toko, gedung perkantoran, perumahan, mall, dan tempat-tempat yang lainnya.

Bahan ini sendiri dapat menjadi pilihan bagi Anda yang paling tepat saat ingin membuat stiker. Tidak hanya itu, vinyl 3M juga terbilang cukup mudah untuk didapatkan di berbagai jasa percetakan yang ada di Indonesia. Pengguna hanya perlu memberitahukan berapa banyak jumlah bahan stiker yang perlu dicetak.

5. Vinyl Ritrama

Jenis bahan yang satu ini memiliki permukaan yang cukup halus dibandingkan jenis bahan lainnya. Tidak hanya itu, bahan tersebut juga memiliki sifat yang tahan air dan dapat mengkilap. Tentu akan memberikan keindahan dan keawetan tersendiri bagi siapa saja yang menggunakannya sebagai stiker.

Bahan ini sendiri mempunyai tekstur plastik dengan tampilan matte atau doff. Bahan tersebut dapat Anda jumpai di berbagai tempat percetakan. Umumnya, kebanyakan orang memakainya untuk ditempel pada media kaca. Seperti mall, ruko, hingga toko retail sekalipun. Gunakan dimana saja yang diinginkan.

6. Vinyl Coating

Merupakan salah satu bahan untuk membuat stiker yang dapat dicetak memakai printer inkjet. Stiker ini sendiri dibuat dengan coating yang baik. Tidak heran jika akan lebih cepat kering saat ingin digunakan. Anda dapat menggunakan stiker tersebut di luar ruangan dengan daya tahan yang baik dalam waktu lama.

Bahan vinyl yang satu ini sangat cocok juga dipakai untuk membuat label kemasan makanan atau keperluan yang lainnya. Kelebihannya yakni daya rekat yang tinggi. Anda bahkan dapat menggunakan stiker tersebut dalam waktu lama. Terlebih ada banyak jenis bahan dari stiker ini yang dapat dipilih.

7. Oracal

Bahan stiker yang satu ini terbilang yang paling banyak digunakan untuk mereka jasa wrapping kendaraan. Perlu diketahui juga bahwa kualitas bahan yang satu ini cukup mirip dengan vinyl 3M maupun vinyl ritrama. Tentu tidak salah jika Anda menggunakan bahan tersebut untuk membuat stiker sesuai kebutuhan.

Hanya saja, bahan bernama oracal ini terbilang memiliki sifat yang lentur. Akan tetapi, bahan tersebut sudah dibekali dengan daya rekat yang tinggi sehingga sangat cocok digunakan untuk dekorasi sesuai kebutuhan. Selain itu, bahan ini juga mempunyai beberapa jenis dengan karakter yang berbeda-beda.

8. Die Cut

Die cut adalah salah satu bahan untuk stiker yang terdiri dari tiga lapisan. Mulai dari lapisan pelindung yang berupa plastik, selanjutnya lapisan vinyl atau gambar, dan yang terakhir adalah lapisan backing paper. Nantinya, pola yang terpotong sampai di backing paper tersebut. Tentu akan membuatnya sangat unik.

Stiker ini sendiri umumnya terbuat dari bahan vinyl. Dengan begitu, akan sangat cocok jika Anda gunakan untuk berbagai lokasi. Mulai dari komputer, meja, motor, helm, dinding, dan lain sebagainya. Tidak heran jika bahan ini terbilang sangat multifungsi. Siapa saja dapat menggunakannya sesuai kebutuhan.

9. HVS

Bahan yang satu ini dapat Anda cepat menggunakan printer inkjet. Proses pencetakannya sendiri terbilang cukup mudah. Umumnya, bahan HVS tersebut dipakai untuk melabeli harga produk, nama undangan, dan lain sebagainya sesuai kebutuhan. HVS sendiri termasuk memiliki harga yang lebih murah.

Tentu akan sangat cocok bagi Anda yang tidak ingin mengeluarkan banyak uang. Hanya saja, terdapat kelemahan saat menggunakan bahan tersebut. Seperti tidak dapat bertahan dalam waktu lama serta kurang tahan pada air. Oleh karena itu, pastikan mempertimbangkan terlebih dahulu penggunaannya.

10. Yupo

Sangat cocok jika Anda mencari bahan stiker dengan sifat anti air, daya tahan kuat, anti minyak, hingga tahan terhadap bahan kimia. Hal ini juga menjadi kelebihan tersendiri dari bahan yupo. Perlu diketahui, bahan yang satu ini sudah banyak digunakan oleh perusahaan besar untuk membuat label produk mereka.

Dengan melihat kualitasnya tersebut, tentu tidak akan salah lagi jika memilihnya. Hanya saja, umumnya saat ingin mencetak menggunakan bahan tersebut terdapat minimal jumlah cetakan. Dengan begitu, akan sangat disarankan bagi Anda yang memang ingin mencetak dalam jumlah jauh lebih banyak.

Itulah beberapa rekomendasi jenis bahan stiker yang dapat dipilih. Perlu diketahui bahwa setiap bahan tersebut memiliki karakteristik dan sifat yang berbeda satu sama lainnya. Anda dapat memilih salah satu diantaranya yang paling sesuai dengan kebutuhan. Pertimbangkan juga kelebihan setiap bahannya.

Layanan Terbaik kami :