Blog

12 Jenis Kertas Undangan Terpopuler dan Kekinian

Jika Anda ingin menyelenggarakan acara pernikahan, maka pastikan untuk memilih jenis kertas undangan yang berkualitas. Saat ini sendiri ada banyak jenis kertas yang dapat dijadikan pilihan. Beberapa diantaranya bahkan dapat didesain dengan model yang modern dan kekinian.

Kenali Berbagai Jenis Kertas Undangan


Kertas undangan adalah salah satu hal yang wajib diperhatikan bagi Anda yang ingin mengadakan acara pernikahan. Setidaknya, sangat penting untuk mengetahui seperti apa kualitas kertas yang digunakan tersebut. Pasalnya kertas tersebut akan dicetak dalam jumlah banyak. Berikut beberapa ini jenis kertasnya:

1. Matte Paper

jenis kertas undangan matte paper

Merupakan salah satu jenis kertas undangan berikutnya yang dapat Anda jadikan pilihan. Kertas ini sendiri memiliki karakteristik yang tidak mengkilap. Akan tetapi, tetap saja ada banyak kelebihan saat memilih kertas jenis matt paper yang satu ini.

Adapun kelebihan yang ditawarkan saat memilih kertas ini adalah kemampuannya dalam menyerap tinta yang jauh lebih cepat jika dibandingkan dengan kertas bahan lainnya. Tidak hanya itu, kertas tersebut juga memiliki tambahan doff didalamnya sehingga membuat tampilannya sangat elegan.

2. Jasmine

model kertas undangan jasmine

Kertas undangan yang satu ini sudah sering digunakan oleh masyarakat Indonesia. Terlebih ada banyak jenis bahan dari kertas tersebut yang dapat dijadikan pilihan. Mulai dari jasmine white, gold, plasma silver, plano, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Lantas, apa saja kelebihan dari kertas tersebut? Kertas jasmin sendiri memiliki tekstur yang sangat unik. Terdapat tekstur serpihan glitter seperti kristal halus yang dapat menjadikan kertas terlihat jauh lebih mewah dibandingkan dengan lainnya. Tentu sangat cocok dijadikan sebagai kertas undangan.

3. Art Carton

Kertas ini sangat multifungsi dan serbaguna untuk digunakan. Bagaimana tidak? Kertas tersebut dapat Anda gunakan untuk berbagai keperluan. Mulai dari cetak kartu nama, cetak brosur, poster, kartu undangan, hingga kotak makanan sekalipun.

Kertas ini sendiri memang sangat cocok digunakan sebagai produk cetak. Jika mengenalnya di luar negeri, maka akan lebih dikenal dengan sebutan card board. Umumnya, kertas tersebut dicetak dengan full color secara bolak balik sesuai kebutuhan.

4. Linen

Kertas linen dahulunya ditemukan di Swiss. Pada saat itu, kertas tersebut diduga dipakai oleh manusia purba sebagai pakaian. Sampai saat ini kertas tersebut dapat digunakan untuk membuat undangan pernikahan. Lantas, seperti apa karakteristik dari kertas tersebut?

Kertas yang satu ini memang memiliki tekstur yang agak kasar. Meski begitu, Anda tetap bisa menjadikannya sebagai salah satu bahan pembuat undangan. Akan tetapi, untuk mendapatkan hasil yang bagusmaka penting untuk mempertimbangkan teknik mencetaknya.

5. Samson Kraft

Umumnya, kertas satu ini lebih sering disebut dengan kertas samson. Kertas tersebut merupakan salah satu bahan yang diproduksi memakai teknik chemicial pulp. Dengan menggunakan teknik tersebut, maka dapat menghasilkan bubur kertas yang kuat dan tahan lama.

Jika dikenal secara awam, maka kertas tersebut merupakan hasil daur ulang dengan warna dominan coklat tua. Sayangnya, kertas ini memiliki tekstur yang cukup kasar. Oleh karena itu, sangat cocok digunakan untuk bungkusan, shipping sack, kantong, dan lain sebagainya.

6. Akasia

Kertas akasia akan mirip seperti hasil tenunan jika Anda melihat dari tekstur dan guratannya. Jenis kertas yang satu ini dapat digunakan untuk membuat undangan. Nantinya, pengguna dapat memberikan kesan yang spesial dan juga elegan saat memakai kertas akasia.

Dengan begitu, setiap orang yang menerima undangan tersebut tentu akan merasa menjadi orang paling penting. Yakni untuk datang ke acara pernikahan yang Anda selenggarakan. Oleh karena itu, tidak ada salahnya jika memilih jenis kertas yang satu ini.

7. Aster

Jika ingin menggunakan kertas yang satu ini, maka Anda dapat memberikan kesan yang mewah dan mahal. Tentu akan sangat cocok dijadikan sebagai bahan untuk membuat undangan pernikahan. Hanya saja, kertas ini memiliki harga yang cukup mahal.

Tidak perlu khawatir pasalnya, kertas ini akan membuat undangan Anda terasa jauh lebih spesial. Tidak hanya itu, kertas tersebut juga memiliki pilihan yang cukup variatif. Seperti aston fancy, fancy paper aster cream, hingga bluish white aster.

8. Kertas undangan Art Paper

Merupakan salah satu jenis kertas yang sangat direkomendasikan untuk digunakan. Kertas yang satu ini sendiri memiliki permukaan yang sangat halus. Akan ada efek glossy mengkilap saat Anda menggunakan kertas tersebut untuk membuat undangan pernikahan.

Kertas yang satu ini sendiri sudah sering digunakan untuk membuat cetakan kalender gantung. Adapun kelebihan lain yang dapat diperoleh dari kertas ini adalah bagian kertasnya yang sudah dilengkapi dengan adanya laminasi doff, UV, dan juga glossy.

9. Jenis kertas undangan Brief Card

Merupakan salah satu jenis kertas yang lebih dikenal dengan sebutan manila. Seperti yang diketahui, kertas tersebut terdiri dari banyak warna. Mulai dari putih, merah, biru, hijau, hingga kuning. Tentu kertas ini dapat digunakan untuk berbagai keperluan.

Umumnya, kertas ini sendiri digunakan sebagai kertas cetakan di sekolah maupun kantor. Akan tetapi, seiring berkembangnya waktu kertas tersebut juga dapat dijadikan sebagai bahan dasar undangan. Terlebih harganya juga terbilang sangat mudah untuk digunakan.

10. Jenis kartu undangan Blues White

Kertas lain yang direkomendasikan untuk digunakan adalah blues white. Perlu diketahui bahwa kertas ini memiliki ketebalan yang hampir sama dengan kertas brief card. Ketebalan tersebut berkisar antara 220 gram sampai dengan 250 gram. Anda dapat memilih ketebalannya sesuai selera.

Jenis kertas blues white sendiri juga sudah sering digunakan untuk membuat undangan. Baik itu jenis kertas import maupun lokal. Untuk kertas import sendiri tentu memiliki harga yang jauh lebih mahal. Terlebih bahan yang dipilih tersebut juga akan mempengaruhi hasil cetakan.

11. Kartu undangan Ivory

Siapa yang belum mengenal jenis kertas yang satu ini? Kertas ivory selain memiliki tekstur yang sangat bagus, ia juga memiliki harga yang terbilang sangat murah. Dengan begitu, tentu sangat mudah bagi Anda untuk membuat undangan dengan kesan unik dan menarik.

Kertas ini sendiri juga sudah banyak digunakan oleh mereka yang mengadakan acara pesta. Tentu tidak perlu meragukan kertas tersebut. Anda juga dapat memilih jenis kertas yang satu ini untuk membuat undangan pernikahan yang diinginkan.

12. Jenis kertas undangan Hawai

Kertas hawai mempunyai beberapa pilihan warna yang dapat Anda gunakan. Akan tetapi, warna yang paling sering digunakan untuk membuat undangan pernikahan adalah biru dongker dan merah marun. Hal ini tidak lain karena warna tersebut dianggap memiliki karakter lebih bagus.

Kertas yang satu ini sendiri memiliki tekstur yang agak kasar. Anda dapat merasakan lekukan-lekukan kecil di permukaannya ketika meraba kertas tersebut. Oleh karena itu, agar mendapat hasil yang bagus maka diperlukan tambahan impression pada mesin.

Itu tadi beberapa jenis bahan undangan yang dapat dijadikan pilihan. Dengan adanya berbagai pilihan tersebut, tentu akan sangat memudahkan siapa saja yang ingin menggunakannya sebagai bahan undangan. Untuk itu, pastikan untuk memilih bahan yang paling sesuai.

Kesimpulan

Memilih kartu undangan pernikahan bukanlah tugas yang mudah dengan begitu banyak jenis kertas dan pilihan pencetakan yang harus dihadapi. Namun, berikut adalah beberapa tip praktis yang dapat membantu Anda menavigasi tantangan ini.

  1. Saat Anda berbelanja kartu undangan pernikahan, Anda selalu dapat melihat sampel dan memilih satu yang memenuhi harapan dan anggaran Anda.
  2. Pengetahuan tentang jenis kertas dan opsi pencetakan dapat membantu Anda bernegosiasi saat Anda membutuhkan undangan khusus.
  3. Orang-orang sekarang sudah mulai menggunakan ilustrasi dan infografis khusus untuk membuat undangan pernikahan yang unik.
  4. Meskipun Anda berfokus pada jenis kertas dan opsi pencetakan, jangan lupa bahwa kesalahan tata bahasa yang sederhana dalam konten dapat merusak kartu undangan. Koreksi selusin kali dan baca lagi sebelum mencetak undangan.
  5. Jika memungkinkan, pesan kartu undangan pernikahan Anda setidaknya 2 bulan sebelum pernikahan Anda sehingga Anda tidak tertekan untuk memilih atau melewatkan proofreading.




Layanan terbaik kami :